Beberapa Hadis Tentang Gurah 

Beberapa Hadis Tentang Gurah 

Gurah merupakan salah satu pengobatan tradisional yang sudah ada sejak lama sejak zaman Rosulullah S.A.W. Dengan melakukan gurah segala penyakit yang ada pada tubuh akan berkurang. Dalam ajaran agama Islam sendiri, ada beberapa hadis tentang gurah yang diriwayatkan oleh beberapa perawi hadis. Tujuan dilakukan gurah adalah untuk membersihkan semua kotoran yang ada pada tenggorokan, mengeluarkan lendir yang terdapat pada tubuh serta membunuh bakteri yang bisa menyebabkan tubuh Anda terserang penyakit.

Adapun manfaat gurah yaitu sebagai berikut.

  • Menjadikan suara menjadi lebih merdu
  • Membuat suar menjadi lantang, kuat serta nyaring
  • Bisa membuat pikiran menjadi lebih cerdas, pintar dan pandai
  • Bisa menyembuhkan berbagai penyakit
  • Membuat nafas menjadi lebih panjang, hal ini cocok dilakukan untuk orang yang gemar meditasi, olah raga dan bela diri

Bahan herbal yang digunakan untuk melakukan terapi gurah adalah sebagai berikut.

  • Garam
  • Air
  • Getah pohon jarak
  • Daun sringgunggu
  • madu

Berikut hadis tentang gurah  .

  1. Hadis tirmidzi 1970

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَدُّوَيْهِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ حَمَّادٍ الشُّعَيْثِيُّ حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ مَنْصُورٍ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ خَيْرَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ السَّعُوطُ وَاللَّدُودُ وَالْحِجَامَةُ وَالْمَشِيُّ فَلَمَّا اشْتَكَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَدَّهُ أَصْحَابُهُ فَلَمَّا فَرَغُوا قَالَ لُدُّوهُمْ قَالَ فَلُدُّوا كُلُّهُمْ غَيْرَ الْعَبَّاسِ

Artinya : Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin Madduwaih], telah menceritakan kepada kami [Abdurrahman bin Hammad Asy Syu’aitsi] Telah menceritakan kepada kami [Abbad bin Manshur] dari [Ikrimah] dari [Ibnu Abbas] ia berkata; Rasulallah Saw bersabda: “Sebaik-baik obat yang kalian gunakan ialah gurah, Laduud (obat yang diteteskan di sisi mulut orang yang sakit), berbekam dan Al Masyiy (obat untuk mengosongkan isi perut).” Maka, tatkala Nabi Saw sakit para shahabat memberinya laduud. Setelah mereka selesai beliau bersabda: “Berilah mereka laduud.” Lantas mereka pun memakai laduud selain Abbas.

  1. Hadis tirmidzi 1971

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ مَنْصُورٍ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ خَيْرَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ اللَّدُودُ وَالسَّعُوطُ وَالْحِجَامَةُ وَالْمَشِيُّ وَخَيْرُ مَا اكْتَحَلْتُمْ بِهِ الْإِثْمِدُ فَإِنَّهُ يَجْلُو الْبَصَرَ وَيُنْبِتُ الشَّعْرَ وَكَانَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُكْحُلَةٌ يَكْتَحِلُ بِهَا عِنْدَ النَّوْمِ ثَلَاثًا فِي كُلِّ عَيْنٍ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ وَهُوَ حَدِيثُ عَبَّادِ بْنِ مَنْصُورٍ

Artinya : Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin Yahya], telah menceritakan kepada kami [Yazid bin Harun] Telah menceritakan kepada kami [Abbad bin Manshur] dari [Ikrimah] dari [Ibnu Abbas] ia berkata; Rasulallah Saw bersabda: “Sesungguhnya obat yang paling baik untuk kalian gunakan adalah Al Ladud dan As Sa’uth, bekam dan Al Masyiy. Dan sebaik-baik sesuatu yang dapat kalian gunakan untuk bercelak adalah Al Itsmid, sebab ia akan menajamkan pandangan dan menumbuhkan rambut.” Dan Rasulullah Saw mempunyai celak yang beliau gunakan sebanyak tiga kali dalam sehari pada kedua matanya. Abu Isa berkata; Hadis ini adalah hasan gharib.

Setelah mengetahui adanya hadis tentang gurah , Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai hukum dan anjuran gurah. Pada zaman Rosulullah telah dilakukan gurah, dan caranya tidak jauh berbeda dengan saat ini. Cara melakukan gurah yaitu dengan menggunakan obat herbal yang memiliki banyak kandungan manfaat. Semoga informasi tersebut berguna bagi Anda yang masih ragu mengenai pengobatan alami dengan cara gurah.

Published on Mar 4, 2018 | Under Kesehatan | By kevin tama