Pengertian Web Programming Yang Harus Anda Ketahui

Pengertian Web Programming Yang Harus Anda Ketahui

Pada era globalisasi ini banyak orang yang tidak bisa lepas dari gadgetnya, terutama gadget canggih. Gadget bisa digunakan untuk mengunduh segala informasi dari internet melalui aplikasi. Nah, membuat aplikasi sendiri bisa digunakan dengan cara memasuki halaman web. Lalu apa pengertian web programming?

IIstilah yang sangat populer dan yang sering digunakan untuk merujuk website adalah www, tahukah Anda apa itu www? Www merupakan singkatan dari World Wide Web. Saat ini penggunaan www sudah sangat umum digunakan terutama dalam pencarian informasi dari halaman satu ke halaman lain.

Untuk belajar lebih dalam mengenai web programming, Anda harus mengenal beberapa  tahapan dasar seperti di bawah ini.

  • Penguasaan PHP
  • Penguasaan HTML dan CSS
  • Penguasaan javacript
  • Penguasaan framework
  • Penerapan scrip tambahan seperti Ajax dan Jquery

Dari beberapa tahapan tersebut, seorang programming pemula bisa mengembangkan dasar pengembangan web atau yang sering disebut dengan Web Developing. Dalam mempelajari web programming Anda butuh ketelitian lebih karena melibatkan penggunaan sistem kode script yang akan diterjemahkan ke dalam fitur dan design web.

Sedangkan pengertian web programming yaitu proses penulisan kode atau pembangunan sebuah situs web yang berasal dari bahasa pemrograman dimana bahasa yang dipakai tersebut dapat digolongkan sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi. Sebuah program yang di buat menggunakan pemrograman web bisa memberikan informasi dari halaman browser dengan akses koneksi melalui internet.

Berikut beberapa contoh bahasa Script dan Design dalam pemrograman web.

  1. CSS

CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheets. CSS sendiri merupakan sebuah bahasa yang memiliki beberapa kode perintah untuk membangun suatu gaya dari dokumen yang ditulis dengan bahasa Scrupt. Kode CSS hanya berfungsi sebagai pengatur dan juga penata bahasa.

  1. HTML

HTML yaitu singkatan dari HyperText Markup Language. HTML merupakan salah satu bahasa markup yang biasa digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan juga bisa menampilkan berbagai informasi penting melalui web browser. Struktur dasar yang dimiliki oleh HTML yaitu title, html, body dan head.

  1. PHP

PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor. PHP sendiri yaitu kumpulan kode-kode yang biasanya digunakan sebagai pengolah data dari salah satu program yang akan dibuat oleh programmer.

  1. Javascript

Javascrip merupakan scripting yang berjalan di sisi client, bahasa pemrograman web yang satu ini bersifat client side programming language, proses ini dilakukan oleh client. Contoh hasil javascript yang sudah dibuat adalah sebuah animasi yang biasa Anda lihat di suatu blog dan website.

  1. XHTML

XHTML merupakan sebuah gabungan dari HTML dan juga XML. Tujuannya adalah untuk menggantikan posisi HTML. XHTML ini yaitu sebuah bahasa makrup seperti halnya HTML namun XHTML ini memiliki bahasa yang lebih baik dari HTML. XHTML kini telah menjadi  standar internasional dengan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh W3C.

Berikut beberapa contoh XHTML.

  • Elemen XHTML harus selalu diakhiri tag penutup
  • Elemen XHTML harus bersarang dengan sempurna
  • Dokumen XHTML harus memiliki satu root element
  • Elemen XHTML harus ditulis dalam huruf kecil

Setelah mengetahui tentang pengertian web programming kini Anda sudah lebih paham bukan mengenai web programming. Semoga informasi di atas mengenai pengertian web programing bisa membantu Anda untuk mengetahui lebih lanjut mengenai beberapa program web dan juga beberapa contoh dari bahasa pemrograman.

Published on Mar 3, 2018 | Under Komputer | By kevin tama