Tips Praktis Mengolah Selada Sebelum Layu

Tips Praktis Mengolah Selada Sebelum Layu

Selada seringkali menjadi bahan makanan pokok pada banyak menu kuliner Barat. Jika anda juga merupakan penggemar sayuran ini, ada beberapa tips untuk mengolahnya sebelum layu.

Sayuran ini merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah layu dan busuk, apalagi jika disimpan dalam kondisi lembab. Selada juga mudah layu bila suhu tempat penyimpanan terlalu panas. Bila suatu saat Anda membelinya dalam jumlah banyak, tapi tidak akan segera dimasak, selada bisa hanya terbuang sia-sia. Ada beberapa trik mengolah selada dengan cepat dan praktis sebelum keburu busuk ataupun layu

Dibuat menjadi Salad
Salad merupakan menu yang paling sering dipilih untuk mengolah selada. Bukan salad namanya bila tidak ada selada. Namun, salad hanya dengan selada tentu membosankan, karenanya Anda membutuhkan variasi bahan lain, seperti makaroni, keju, daging ayam, dan sebagainya.

Dibuat Jus
Blender beberapa jenis bahan seperti selada, wortel , kol dan beberapa jenis sayuran lainnya untuk menghasilkan jus sayuran yang menyehatkan.

Sebagai Pembungkus
Selada dapat dimanfaatkan sebagai poembungkus (semacam tortilla). Gunakan selada untuk membungkus ikan tuna, udang, ayamfillet, dan sebagainya bersama bahan-bahan lain. Untuk menjaga keutuhannya, gunakan tusuk gigi untuk merangkainya.

Menjadi Sandwich
Sandwich selada sangat baik jika anda termasuk orang yang sangat memperhatikan asupan kalori bagi tubuh. Sandwich selada merupakan alternatif terbaik untuk menyantap makan siang bebas karbohidrat. Tambahkan beberapa hummus atau tuna pada sehelai tebal selada, bukan sepotong roti.

Sandwich selada untuk anak-anak
Anak anak seringkali sulit untuk terbiasa mengkonsumsi sayuran. Untuk mengatasinya anda bisa mengawalinya dengan memperkenalkan selada karena rasanya yang lebih ramah dengan mereka. Lumuri potongan tebal selada dengan selai kacang atau apapun yang menjadi favoritnya. Mereka pasti tidak akan menyadari sayuran tersebut

Published on Apr 21, 2017 | Under Kesehatan | By Dejan Stanco